Halaman

Rabu, 10 Februari 2010

Pemanfaatan Waktu

Waktu adalah sesuatu yang sangat berharga. Bahkan, bagi saya, waktu lebih berharga daripada
uang. Orang yang menyia-nyiakan waktu sesungguhna lebih bodoh dari orang yang menghambur-hamburkan uang. Kalau uang habis, kita masih bisa mencarinya. Tapi kalau waktu yang habis? kita tidak akan pernah mendapatkannya lagi.

Kita mungkin sudah sangat menyadari ini. Namun seringkali kita lupa sehingga banyak waktu yang terbuang percuma untuk hal-hal yang tidak produktif. Sementara mungkin orang lain telah memanfaatkan waktunya dengan sangat produktif. Saya, anda, dan semua orang lain, memiliki waktu yang sama, cuma 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, 365 hari dalam setahun. Tetapi dalam waktu yang sama itu, setiap orang meraih jumlah dan kualitas pencapaian yang berbeda satu sama lain. Ada yang dalam waktu setahun telah meraih banyak hal, tapi ada juga yang dalam waktu yang sama tidak menghasilkan apa pun. Ada orang yang dalam sehari mampu mendapatkan penghasilan jutaan rupiah, sementara banyak yang lainnya tidak mendapatkan sepeser pun dari waktu 24 jam mereka.

Bila kita melihatnya dalam konteks waktu ini, apa yang menyebabkan perbedaan pencapaian tersebut adalah persoalan efektivitas pemanfaatan waktu. Bila anda termasuk orang yang menggunakan sebagian besar waktu anda untuk pekerjaan-pekerjaan yang sangat penting, produktif, high profit, tentu anda akan mendapatkan banyak hal: pengetahuan, pengalaman, dan juga income yang melimpah. Sebaliknya jika waktu yang sama anda gunakan untuk mengerjakan dan mencoba menyelesaikan sesuatu yang tidak penting, tidak produktif, dan unprofitable, jangan heran bila kita tertinggal jauh di belakang.

Pastikan waktu anda tidak terbuang untuk hal-hal tidak penting atau kesalahan-kesalahan yang tidak perlu. Sangat baik bagi kita untuk sejenak mengevaluasi pemanfaatan waktu kita selama ini. Jangan-jangan kita lebih banyak menggunakan waktu kita untuk sesuatu yang tidak penting, tidak produktif, tidak profitable, atau bahkan untuk sesuatu yang menghambat kemajuan diri kita.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Pemanfaatan Waktu"

Posting Komentar