Halaman

Selasa, 16 Februari 2010

5 Cara Efektif Mendatangkan Trafik Gratis Ke Web Bisnis Anda

Jika anda memiliki sebuah website untuk mendukung bisnis anda, atau anda memang menjadikan website sebagai outlet online bisnis anda (di mana konsumen bisa memilih dan memesan produk atau jasa anda), salah satu pekerjaan rumah anda yang terpenting adalah menciptakan trafik yang tinggi bagi web anda tersebut.

Trafik adalah istilah yang dipakai untuk menyebut tingkat kunjungan ke website. Trafik adalah urat nadi website anda. Tanpa trafik yang signifikan, website anda akan kehilangan manfaatnya.

Bagaimana pun untuk mendatangkan pengunjung sebanyak mungkin memerlukan upaya pemasaran. Anda bisa mempromosikan website anda melalui periklanan di situs-situs populer atau iklan pay per klik. Tapi tentu saja anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Posting kali ini akan membahas beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mendatangkan trafik cukup tinggi tanpa harus mengeluar biaya, alias gratis. teknik cukup berhasil untuk banyak blog dan website. Anda bisa mencobanya untuk mendongkrak trafik website anda.

Setidaknya ada lima cara yang bisa anda lakukan:

1. Bergabung dan bertisipasi Aktif dalam forum-forum diskusi
Forum-forum diskusi biasanya membolehkan anda untuk memposting komentar, tanggapan, atau bahkan artikel dengan membubuhkan link langsung ke situs anda. Sering anda posting di lebih banyak forum semakin baik (tentu dengan posting yang berkualitas alias tidak asal bunyi). dengan begitu anda bisa memperoleh lebih banyak kesempatan mendatangkan trafik. Pilihlah forum-forum yang sesuai dengan niche anda, dan memiliki jumlah member yang banyak.

2. Menawarkan program afiliasi.
Dengan membuka program afiliasi untuk website anda akan menjadi hal yang paling menguntungkan yang pernah anda lakukan. Karena denan program afiliasi anda dapat memanfaatkan ratusan bahkan ribuan orang yang secara terus menerus mengarahkan trafik tertarget ke website anda. Anda hanya membayar mereka bila terjadi penjualan, biasanya 50% dari nilai penjualan.

3. Menulis dan mengirimkan artikel ke berbagai direktori, penerbit, dan sosial bookmarking.
Semakin luas artikel anda tersebar di internet, semakin besar pula kesempatan anda untuk mendapatkan trafik tertarget ke website anda. Ada ratusan bahkan mungkin ribuan situs direktori dan social bookmarking yang siap mempublikasikan artikel anda di luar sana. Anda bisa mencarinya melalui mesin pencari.

4. Membangun sebuah komunitas.
Dengan membangun sebuah komunitas, anda akan mendapatkan promosi gratis getuk tular, rekomendasi dari mulut ke mulut, dari anggota komunitas yang anda dirikan kepada orang-orang lain di luar sana. Namun demikian, untuk dapat membangun sebuah komunitas yang terus membesar, anda harus memberikan banyak nilai di website anda, sehingga orang ingin menjadi bagian dari komunitas anda. Dengan kata lain sebuah komunitas hanya mungkin terbentuk dan berkembang apabila website dimana komunitas itu didirikan memiliki daya tarik dan bernilai bagi pengunjungnya.

5. Membuat sebuah materi gratis yang bisa didistribusikan oleh banyak orang lain.
Biarkan orang lain mendistribusikan materi tersebut juga secara gratis kepada orang lain atau dijual untuk keuntungan mereka sendiri. Materi gratis yang saya maksud bisa berupa sebuah e-book, atau video tutorial atau materi lain yang berguna yang dilengkapi link ke website anda. Cara ini sangat powerful untuk mendatangkan trafik gratis bagi anda.

Anda bisa mengintegrasikan cara ini dengan program afiliasi anda. Misalnya menjadikannya sebagai bonus di muka untuk calon anggota program afiliasi anda.

Kelima cara ini adalah metode yang sejauh ini paling efektif dalam mendongkrak trafik sebuah website bisnis online. Dengan kelima cara ini anda dapat mendatangkan ratusan bahkan ribuan trafik tertarget setiap hari ke website anda.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

1 komentar: on "5 Cara Efektif Mendatangkan Trafik Gratis Ke Web Bisnis Anda"

Ary Santosa Yudha mengatakan...

good site my friends

Posting Komentar